Selasa, 18 Oktober 2016

tips cara menangani error E121 Pada mesin Photocopy Canon


ok kembali lagi nih .. kita bahas lagi mengenai mesin photocopy yang mengalami error code E212 ups salah tapi E121 . kalo 212 mah wiro sableng ya :D hihii
oke dh ada yang bertanya seprti ini

mesin fc saya canon ir 6570 akhir2 ini mengalami E121, kipas pendingin gak mau nyala. sudah saya ganti kipasnya, masih begitu terus. ketika kipas pendingin mati keluar E121. mesin harus dimatikan dulu sekitar 15-20 menit. dihidupkan lagi baru mau jalan. adakah solusi untuk error 121 ?


Jawaban atau sousinya yaitu :

jadi Controller kipas pendingin (FM4) rusak atau kabel rusak (hubung singkat, sirkuit terbuka). ada kemungkinan juga DC kontroler PCB rusak. Meskipun fan controller pendingin (FM4) sedang berputar, sinyal clock (FM4CLK) biasanya tidak datang selama 5 detik atau lebih.

atau ada trik lain yaitu : Kipas dekat on of itu di lepas terus kabel selain warna merah jadikan satu

demikian caranya, semoga membantu, apabila masih ada truble, silahkan baca baca blog ini atau share jika bermanfaat. solusi cerdas sebelum memanggil teknisi

11 komentar:

  1. makasih bang ane dah coba dan hasilnya mesin foto copy ane gak error lagi , ane terapiin triknya ampe tukang service nya datang

    BalasHapus
  2. sudah saya coba tetep gak bisa bang,cara alternatif yang lain apa bang?

    BalasHapus
  3. Coba dibersihin dulu soket fan'nya bos..... cek juga fuse fan. Kalau normal semua baru arah sensor kipas... 1minus 2plus 3 sensor... beri tegangan + mengunakan dioda. Boleh dibagung langsung selain warna merah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tks bos aku ada troble 805 di dc kira2 capasitor atau transistor yang lemah salam kenal dri denpasar bali

      Hapus
  4. Kipas dekat on off gak usah di pasang yah pak??? Mohon bls

    BalasHapus
  5. punya saya berhasil setelah menerapkan cara alternatif, saya copot kabel merah,hitam dan kuning dri kipas, lalu say gabungin hitam dan kuning lalu saya lagban agar tidak kntak, yg merah di lagban aj ujungnya, lalu saya colokan kembali sperti bisa pada soket yg terhubung degn mainboard

    BalasHapus
    Balasan
    1. menggabung kabel hitam dan kuning tidak membahayakan DC Control

      Hapus
  6. Kalok di gabong kabel hitam dan kuning apa gk membahayakan DC control bos..? Mohon penjelasan nya.

    BalasHapus
  7. Terimakasih masukannya bos, sangatmembantu

    BalasHapus